Paket One Day Tour Asian Games Jakarta Palembang
August 20, 2018

7 Destinasi Eksotis Di Pulau Seribu

7 Destinasi Eksotis Di Pulau Seribu

7 Destinasi Eksotis Di Pulau Seribu

Bingung rasanya  ketika harus berlibur dan menghabiskan waktu di Jakarta dan sekitarnya. Seringkali, mall menjadi destinasi yang sering dituju untuk menghabiskan waktu.

Jangan salah lho, Jakarta juga punya wisata pulau indah bernama Pulau Seribu yang indahnya tiada tara! Bagi warga Jabodetabek yang belum pernah liburan ke Pulau Seribu, artikel ini pasti akan membantu untuk mengenal eksotisme pantai-pantai yang berada di Pulau Seribu.

Untuk menuju Kepulauan Seribu pun cukup mudah, tinggal menyeberang naik kapal dari Pelabuhan Muara Angke atau Pelabuhan Marina Ancol. Lamanya perjalanan di atas kapal tergantung pulau tujuan.

Harga penyebrangannya juga relatif murah, hanya puluhan ribu apabila memilih naik kapal nelayan. Bila naik kapal ferry via Marina Ancol yang lebih cepat, harus mengocek kantong lebih dalam karena biayanya hingga ratusan ribu.

Baik langsung saja, berikut adalah 7 pulau dan pantai yang eksotis di Kepulauan Seribu, Jakarta.

1. Pulau Perak

instagram.com/exploreisland

Destinasi pertama yang menyuguhkan keindahan alam eksotis adalah Pulau Perak yang terletak di Kepulauan Seribu Utara. Wisata bahari di Pulau Perak ini menarik untuk dikunjungi khususnya bagi warga sekitar Jakarta yang ingin melepas penat dari ramainya suasana ibukota.

Pulau Perak ini memiliki bibir pantai dengan hamparan pasir putih nan bersih serta air laut yang bening kebiru-kebiruan. Ini disebabkan karena lokasi pulau Perak ini memang cukup jauh dari kota Jakarta sehingga cukup terbebas dari polusi.

Untuk ke Pulau Perak dapat ditempuh menggunakan kapal dari Muara Angke kira-kira 4 s.d 5 jam (menuju Pulau Harapan). Dapat juga berangkat dari dermaga Marina Ancol menggunakan speed boat yang bisa dijangkau dalam waktu yang lebih singkat sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan.

Selanjutnya, dari Pulau Harapan barulah dapat menuju ke Pulau Perak ini menggunakan kapal atau boat yang bisa disewa disekitar dermaganya dengan harga yang bervariasi tergantung jenis dan ukuran kapal. Waktu tempuh dari Pulau Harapan menuju Pulau Perak ini adalah sekitar 30 menit perjalanan. Tertarik melepas penat di pulau indah ini?

2. Pulau Pari

instagram.com/pulau_pari_id

Pulau Pari merupakan salah satu pulau favorit dari beberapa pulau di Kepulauan Seribu lho. Pulau Pari memiliki hamparan pasir putih dengan air yang jernih kehijauan.

Terdapat pula pulau-pulau kecil berwarna hijau yang indah. Letak Pulau Pari ini tidak terlalu jauh dari Ibukota Jakarta.

Hanya butuh perjalanan selama 2 jam dari Pelanuhan Kali adem yang terletak di Muara Angke atau perjalanan sekitar satu jam menggunakan dengan speedboat di Marina Ancol.

3. Pulau Pramuka

mongabay.co.id

Kali ini juga merupakan destinasi favorit di Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka menyuguhkan keindahan alam terutama bahari bawah laut yang luar biasa indah. Cocok sebagai spot snorkeling. 

Pengunjung dapat melihat keindahan terumbu karang dan ikan-ikan karang berwarna-warni di Pulau Pramuka. Pastinya sebuah pengalaman tak terlupakan dengan mengintip kehidupan bawah laut yang masih terjaga.

Yang terkenal dari Pulau Pramuka adalah penangkaran penyu. Pengunjung bisa mengamati penyu-penyu muda maupun dewasa.

Biasanya, penyu dewasa akan dilepas kembali ke pantai. Wah, seru ya melihat penyu yang unyu dikembalikan lagi ke habitat aslinya.

4. Pulau Tidung

wisatapulautidung.co.id

Pulau Tidung adalah salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia. Pulau Tidung ini terbagi dua yaitu, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Di antara Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil ada jembatan fenomenal yang bisa dilewati untuk membelah lautan yang biru, Jembatan Cinta. Di Jembatan Cinta ini, banyak pengunjung menikmati sunset yang indah.

Tak lupa dengan mengabadikan momen jarang itu. Di Pulau Tidung juga tersedia permainan air yang seru seperti banana boat. Untuk berkeliling pulau pengunjung juga bisa menyewa sepeda dengan biaya Rp. 15.000 saja. Asyik, kan?

5. Pulau Harapan

instagram.com/exploreisland

Pulau Harapan ini berlokasi lebih jauh dibandingkan dengan Pulau Pari, Tidung, maupun Pulau Pramuka. Dengan lokasi yang lebih jauh ini, banyak orang mengatakan bahwa Pulau Harapan merupakan spot snorkeling yang paling eksotis di Kepulauan Seribu.

Pulau Harapan memiliki bibir pantai yang putih kebiruan, dengan air laut yang teramat jernih. Pasir pantainya juga berwarna putih yang indah. Merupakan destinasi yang tepat untuk melepas penat dari padatnya ibukota.

6. Pulau Dolphin

instagram.com/ditaaapus

Beralih ke Pulau Dolphin yang tidak kalah eksotis dengan pulau lain. Untuk menuju Pulau Dolphin ini cocok sekali untuk tempat camping karena masih sepi dan alami. Pengunjungnya juga tidak terlalu banyak dibanding pulau terkenal lain seperti Pulau Tidung.

Pulau Dolphin memang lebih kecil dari pada pulau lainnya, namun baharinya tidak perlu diragukan lagi. Snorkeling merupakan kegiatan yang tidak boleh dilewatkan di pulau ini. Tapi harus hati-hati dalam ber-snorkeling, karena terdapat bulu babi di sekitar perairan.

7. Pulau Macan

paradisotraveling.com

Yang terakhir ini adalah pulau yang terletak di utara Kepulauan Seribu. Pulau Macan memiliki perairan berwarna biru kehijauan yang eksotis. Pulau ini berada di selatan Pulau Harapan.

Uniknya, di Pulau Macan ini terdapat penginapan atau resort sederhana namun indah di bibir pantai. Meskipun penginapan umumnya terbuat dari kayu, tapi tetap keren dan nyaman layaknya Maldives.

Oke baiklah, itu dia ke-7 destinasi wisata eksotis yang bisa ditemukan di Kepulauan Seribu, Jakarta. Sebuah tempat yang sangat tepat untuk melarikan diri dari kepenatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *